Siaran Kesehatan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten Tema Kenali Hepatitis

Klaten – Seringkali kita mendengar kata Hepatitis atau Penyakit Hepatitis. Namun banyak dari kita yang belum mengetahui apa Hepatitis itu dan bagaimana penanganannya. Seperti yang kita ketahui bahwa Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Juli setiap tahunnya. Dan tema pada tahun 2019 ini “Eliminasi Hepatitis, Selamatkan Generasi Penerus Bangsa”.

Dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia ini, pemahaman tentang penyakit ini memang harus diperkuat. Karena hingga saat ini, Hepatitis menjadi salah satu penyakit yang terus mendapatkan perhatian dunia karena penderitanya semakin meningkat. Dengan mengetahui fakta-fakta ini, kita juga dapat semakin mengenali penyakit ini. Terapkan juga hidup bersih dan sehat demi mencegah penularan Hepatitis.

Sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas tentang Hepatitis, disampaikan beberapa hal mengenai apa itu Hepatitis, gejala, penyebab, jenis, upaya pencegahan, dan lain sebagainya pada siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten Rabu, 31 Juli 2019 dengan narasumber Vina Ayu Rosyita, S. Kep. Ns dari Ruang Teratai RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST).

Pelaksanaan kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya penyebarluasan informasi seputar Hepatitis kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terkait dengan pencegahan dan penularan Hepatitis.

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai informasi seputar pembangunan Gedung Bedah Sentral Terpadu (GBST) yang meliputi tujuan pembangunan, fungsi guna gedung setiap lantai, dan informasi peletakkan batu pertama pembangunan GBST oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) oleh Wiji Pamungkas dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksanakan di RSPD Klaten setiap bulan sekali sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.