Siaran Kesehatan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten Tema Kekerasan Seksual pada Anak dan Mengenal HIV/AIDS

Klaten – Seperti yang kita ketahui bahwa anak perlu mengenal tubuhnya untuk mengatasi tindak kekerasan seksual. Biasanya pelaku kekerasan seksual terhadap anak dilakukan oleh orang yang dikenal karena anak memiliki kepercayaan yang tinggi kepada pelaku. Selain itu anak korban kekerasan seksual biasanya tidak mau mengungkapkan kejadian yang dialaminya, bisa jadi pelaku selalu “membungkam” si anak dengan berbagai cara, antara lain dengan ancaman tertentu atau anak khawatir dirinya akan disalahkan atas kejadian itu. Kekerasan seksual yang banyak terjadi juga banyak menimpa pada anak perempuan dari pada anak laki-laki. Berbagai penelitian di banyak negara menunjukkan bahwa anak perempuan lebih rentan 2-3 kali lipat untuk mengalami kekerasan seksual dibanding anak laki-laki.

Selain kekerasan seksual pada anak, akhir-akhir ini banyak juga kasus HIV/AIDS yang ditemukan di Wilayah Klaten. HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah nama virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sementara AIDS adalah tahap akhir dan kelanjutan dari infeksi HIV jangka panjang setelah sistem imun tubuh akhirnya rusak. AIDS adalah penyakit kronis dengan sekumpulan gejala yang terkait dengan penurunan daya tahan tubuh, membuat pengidapnya sangat berisiko tinggi terhadap masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Tidak semua orang yang positif HIV otomatis juga terjangkit AIDS. Pengobatan HIV yang tepat guna bisa memperlambat atau menghentikan perkembangan virus HIV, yang pada akhirnya turut mencegah risiko AIDS. Penularan HIV/AIDS dapat dicegah dengan A, B, C, D, dan E. A (Absen) yaitu tidak berhubungan seks saat jauh dari pasangan, B (Be Faithful / Setia) yaitu tidak bergonta-ganti pasangan, C (Condom) memakai kondom saat melakukan hubungan seksual, D (Drugs) yaitu tidak konsumsi obat-obatan terlarang / narkoba, dan E (Education) yaitu aktif mencari informasi yang benar atau mengikuti kegiatan-kegiatan sosialisasi tentang HIV/AIDS.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas dan masyarakat Klaten pada khususnya, disampaikan beberapa hal mengenai tema Kekerasan Seksual pada Anak dan HIV/AIDS pada siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten Rabu, 10 April 2019 dengan narasumber Dra. Karni sebagai Tim P2TP2A dan Ibu Sutanti, AM.Keb sebagai konselor Tim VCT RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST).

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai informasi seputar sekilas pelayanan di RSST, antara lain yaitu seputar Alur Visum di RSST dan Aplikasi Sehatpedia oleh Doni Ari Wibowo, AMd dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksankan di RSPD Klaten setiap bulan sekali sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.