Siaran Kesehatan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten Tema Cegah Stunting Itu Penting

Klaten – Pada waktu akhir-akhir ini, kita sering mendengar kata “stunting” dari media televisi, poster-poster di fasilitas kesehatan, maupun di media informasi lainnya. Namun banyak dari masyarakat yang belum memahami apa sebenarnya stunting itu, hubungannya dengan kesehatan apa, dan apa bahaya stunting tersebut.

Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 (dua) tahun. Masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah. Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Berdasarkan hasil Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas) 2018 yang dilakukan Kemenkes, prevalensi anak stunting di Indonesia mencapai 30,8 %. Anak di bawah lima tahun atau balita menjadi sampel riset tersebut. Artinya, sekitar 1 dari 3 balita di Tanah Air menderita stunting.

Himbauan dari Menteri Kesehatan, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas tentang stunting, disampaikan beberapa hal mengenai gejala dan tanda anak mengalami stunting, faktor yang memengaruhi anak stunting, dampak stunting, bagaimana mencegah stunting, tips yang bisa diterapkan orang tua agar anak tidak mengalami stunting, 3 (tiga) hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, dan lain sebagainya pada siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten Kamis, 29 Agustus 2019 dengan narasumber Marjudi, A.Md. Gz dari Instalasi Gizi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST).

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai informasi seputar Pelayanan Bedah Syaraf di RSST oleh Doni Ari Wibowo, AMd dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksanakan di RSPD Klaten setiap bulan sekali sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.