Siaran Kesehatan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten Tema Cegah dan Kendalikan Penyakit Ginjal dengan CERDIK dan PATUH

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap Hari Kamis minggu kedua di Bulan Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day. Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah “Kidney Health for Everyone Everywhere, Kesehatan Ginjal untuk Setiap Orang di Mana Saja”.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan kita semua akan pentingnya upaya pencegahan penyakit Ginjal, sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat.

Pada saat ini, 850 juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita penyakit Ginjal dari berbagai penyebab. Penyakit Ginjal kronis (CKD) menyebabkan setidaknya 2,4 juta kematian per tahun dan saat ini menjadi penyebab kematian keenam tercepat.

Penyakit Ginjal kronis merupakan masalah kesehatan dunia dengan beban biaya kesehatan yang tinggi. Padahal, penyakit dapat dicegah dengan melakukan upaya pencegahan, pengendalian dan tatalaksana Hipertensi dan Diabetes Melitus sesuai standar.

Sedangkan, cedera Ginjal akut, pendorong penting CKD, mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia dan 85% dari kasus ini ditemukan di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Sekitar 1,7 orang diperkirakan meninggal setiap tahun karena cedera Ginjal akut.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas dan masyarakat Klaten pada khususnya, disampaikan beberapa hal mengenai tema Cegah dan Kendalikan Penyakit Ginjal dengan CERDIK dan PATUH pada siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten Rabu, 13 Maret 2019 dengan narasumber Ibu Tatik Handayani, S. Kep. Ns dari Instalasi Hemodialisa RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST).

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai informasi seputar pelayanan terbaru di RSST, antara lain yaitu seputar Klinik Asuhan Lansia Siang / Pelayanan Day Care dan Pelayanan Penitipan Lansia; Pelayanan Poliklinik Sore; serta Pendaftaran Online / Whatsapp oleh Wiji Pamungkas dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksankan di RSPD Klaten setiap bulan sekali sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.