Penyuluhan Kesehatan Penanggulangan Kegawatdaruratan Pernafasan di Ruang Tunggu ICU RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro

Gagal nafas adalah kondisi dimana kadar oksigen yang masuk ke dalam darah melalui paru-paru sangat rendah. Tanda-tanda gagal nafas adalah kesulitan bernafas, tekanan darah rendah, sesak nafas, detak jantung berdebar cepat, demam, kebingungan atau gelisah.

Sobat sehat perlu mengetahui apa itu keadaan gawat darurat (kegawatdaruratan pernafasan) yaitu keadaan yang menimpa seseorang atau banyak orang akibat suatu perjalanan penyakit. Terjadi secara mendadak, dimana saja, menyangkut siapa saja. Sifatnya mengancam jiwa, perlu penanganan cermat, tepat, cepat, bila tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kecacatan, kehilangan anggota tubuh, sampai kematian.

Kenapa kegawatdaruratan pernafasan harus segera ditangani? karena oksigen berperan penting dalam menjalankan fungsi organ tubuh. Kekurangan oksigen dalam waktu lama bisa menyebabkan kecacatan sampai kematian organ.

Mengapa pernafasan bisa terganggu? karena ada sumbatan di jalan nafas (benda asing, gigi palsu, makanan, minuman, muntahan, lidah jatuh ke belakang) dan kondisi / penyakit yang mempengaruhi fungsi paru-paru (penyakit TB Paru, Pneumonia, Asma).

Sebagai langkah untuk meningkatkan pengetahuan tentang penanggulangan kegawatdaruratan pernafasan maka dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan bersama Tim PKRS pada Hari Jum’at, 25 Januari 2019 dengan narasumber Arsinta Bestiari Tyaswinarsi, AMK pukul 11.00-12.00 WIB. Mayoritas peserta kegiatan adalah keluarga pasien yang dirawat di ruang tunggu ICU RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.