Penyuluhan Kesehatan “Hip Osteoarthritis / Radang Pinggul”

Klaten (1/8) – Hai sobat sehat, pernah mendengar istilah Hip Osteoarthritis? Taukah sobat sehat bahwa Hip Osteoarthritis adalah peradangan pada sendi pinggul dan menyebabkan pecahnya jaringan tulang rawan di daerah panggul.

Gejala dari Hip Osteoarthritis / radang pinggul antara lain nyeri di pangkal paha, sendi pinggul terasa kaku, sendi terkunci atau menempel, nyeri sendi bertambah saat hujan. Sobat sehat sebaiknya mengetahui penyebab dari Hip Osteoarthritis yaitu usia, riwayat keluarga, pernah cidera pada sendi pinggul, dan obesitas.

Jika sobat sehat menemukan sesorang yang mengalami Hip Osteoarthritis cara mengatasinya dengan istirahat dan perawatan sendi, gunakan tongkat untuk mengurangi beban pinggul, mengurangi berat badan, olah raga teratur, obat-obatan yang diresepkan dokter, dan operasi.

Sobat sehat juga bisa melakukan pencegahan agar terhindar dari Hip Osteoarthritis / radang pinggul yaitu dengan olahraga dan pola makan sehat.

Untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan tentang Hip Osteoarthritis / radang pinggul maka dilakukan kegiatan penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh Bapak Mustofa Kamal Pasa, AMK bersama Tim PKRS di Ruang Tunggu Dahlia 2 (Dua) RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro. Peserta kegiatan adalah keluarga pasien Ruang Dahlia 2 (Dua).