Pengetahuan Hak Pasien dan Keluarga : Kunci Kepuasan dan Kenyamanan Bagi Pasien

Pasien adalah salah satu kmponen utama kehidupan suatu rumah sakit. Hubungan yang baik antara pasien dan keluarga pasien dengan rumah sakit menjadi kunci kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan rumah sakit. Untuk mencapai kepuasan pasien dan keluarga, perlu diberikan pengetahuan akan hak-hak dan kewajiban yang dimiliki pasien dan keluarga selama perawatan di rumah sakit. Pengetahuan yang benar terhadap hak dan kewajiban pasien dan keluarga selama di rumah sakit akan mengurangi risiko terjadinya komplain.

Pengetahuan tentang hak dan kewajiban pasien dan keluarga perlu di ketahui juga oleh seluruh petugas rumah sakit yang berhubungan langsung dengan pasien. Setiap petugas RS yang hubungan dengan pasien juga memiliki peran supaya hak-hak pasien dan keluarga terlindungi dan terjamin selama perawatan d rumah sakit. Pengetahuan yang benar bagi petugas akan memberikan pengertian yang benar pada pasien dan keluarga, karena petugas RS sebagai sumber infomasi.

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro dalam hal ini Bagian Pendidikan dan Pelatihan menyikapi hal tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Hak Pasien dan Keluarga, Informed Consent Dan Second Opinion, hari ini Rabu (26/9) bertempat di Aula Gedung IGD Lantai 3 bagi kurang lebih 82 petugas yang berhubungan dengan sumber informasi pasien. Tujuan diadakannya pelatihan ini selain untuk meningkatkan pengetahuan mengenai hak dan kewajiban pasien dan keluarga bagi para petugas, meningkatkan kesadaran pentingnya inform consent untuk tindakan kedokteran, meningkatkan kesadaran petugas dalam menjamin hak pasien dan keluarga, namun juga untuk memenuhi salah satu elemen dalam Standard Nasional Akreditasi RS.

Pelatihan dibuka dengan arahan yang disampaikan oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Juli Purnomo, Sp.P, MPH, dilanjutkan sesi materi yang diberikan oleh 5 narasumber dengan materi : Hak pasien dan keluarga; Privasi dan keamanan pasien; Komplain dan penanganannya; second opinion, informed consent; dan Penatalaksanaan pasien terminal, paliatif dan DNR.

Hak pasien dan keluarga harus terjamin dalam pelayanan di rumah sakit baik mengenai informasi pelayanan yang diberikan bahkan sampai second opinion yang bisa di berikan kepada pasien dan keluarga untuk menempuh pengobatan bagi masalah kesehatannya. Dengan penjelasan yang baik akan membuat kualitas pelayanan meningkat karena pasien memiliki trust pada rumah sakit.