Pelayanan Kesehatan Mata RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

 

Klaten – Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Sebagai unit pelaksana teknis operasional Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota (UPTD), Puskesmas berperan menyelenggarakan sebagian dari tugas teknis operasional Dinas Kesehatan Kabupaten serta merupakan unit pelaksana tingkat pertama serta ujung tombak pembangunan kesehatan di Indonesia.

Sama halnya dengan Puskesmas, Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan memiliki hak dan kewajiban yang perlu diketahui oleh semua pihak. Hak dan kewajiban tersebut digunakan untuk memberikan prosedur-prosedur bagi layanan kesehatan dalam melakukan tugas dan fungsinya, salah satunya Rumah Sakit dan Puskesmas dapat mengembangkan hubungan kerja sama lintas program dan sektoral dalam rangka mendukung semua pelayanan kesehatan.

Mata merupakan jendela dunia dan termasuk salah satu alat indera tubuh yang berguna untuk memberikan informasi mengenai keadaan sekitarnya melalui penglihatan, oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan mata supaya tetap berfungsi dengan baik hingga usia lanjut.

Ada beberapa hal yang dapat merusak mata kita, antara lain karena sering berlama-lama di depan komputer/HP yang dapat membuat mata lelah, sinar UV yang mengenai mata secara langsung, membaca sambil tiduran, dan menonton TV terlalu lama atau terlalu dekat. Beberapa hal tersebut sebagai penyebab dari terjadinya gangguan pada mata, baik gangguan ringan maupun berat.

Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan mata secara berkala ke klinik dan rumah sakit, sehingga fungsi penglihatan dapat menjadi lebih baik dan tetap jelas. Selain itu, nutrisi yang bergizi untuk mata juga sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan pada mata. Hal ini menjadi semakin penting apabila seseorang memiliki risiko usia, diabates, dan riwayat penyakit mata dalam keluarga seperti Glaukoma.

Sehubungan dengan hal tersebut, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Instalasi Pemasaran dan Humas melaksanakan kegiatan Temu PPK I dan II dengan tema Pelayanan Kesehatan Mata pada Rabu, 25 Juli 2018 di Gedung Pertemuan Lantai II RSST pukul 09.00 s/d 12.30 WIB yang dibuka oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Juli Purnomo, Sp.P.

Bentuk kegiatan pada Temu PPK I dan II ini berupa pemaparan dan sosialisasi pelayanan kesehatan mata yang ada di RSST, khususnya terkait Rekonstruksi dan Okuloplasti serta Glaukoma. Selain itu juga pemaparan mengenai sistem rujukan berjenjang berbasis kompetensi melalui integrasi sistem informasi RS Kelas A dari BPJS Kesehatan Kabupaten Klaten. Sebagai narasumber yaitu dr. Poppy Setiati Hadiningsih, Sp.M; dr. Fitria Natliani, Sp.M., M.Sc; dan dr. Niyan Lestari, AAAK.

Kegiatan ini mengundang seluruh klinik, puskesmas, dan rumah sakit di fasilitas kesehatan tingkat I dan II di wilayah Kabupaten/Kota Klaten dan sekitarnya. Kegiatan berjalan lancar dan antusiasme peserta sangat baik. Ada sesi diskusi tanya jawab dengan seluruh narasumber di akhir acara. Kegiatan Temu PPK I dan II ini merupakan program rutin Unit PKRS yang terjadwal setiap triwulan sekali dengan tema dan narasumber yang berbeda.

Leave a Comment