PELATIHAN KEGAWATDARURATAN MATERNAL DAN NEONATAL

Program PONEK 24 jam merupakan bagian rujukan rumah sakit yang sangat berperan dalam mengurangi kematian ibu dan bayi baru lahir. Kunci keberhasilan PONEK adalah ketersediaan tenaga kesehatan yang sesuai kompetensinya, sarana, prasarana dan peralatan. Untuk mencapai kompetensi dalam bidang tertentu, tenaga kesehatan memerlukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan perubahan perilaku dalam pelayanan kepada pasien.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas sekaligus fungsi bagian diklit di lingkungan RSUP dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten bersama dengan TIM PONEK mengadakan Pelatihan “Pelatihan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal“ bagi Puskesmas PONED sekabupaten Klaten guna mempersiapkan tenaga medis dan non medis yang terampil dan terlatih agar angka kematian bayi dan peningkatan kesehatan ibu dapat tertangani dengan baik.

Kegiatan dilaksanakan pada hari kamis & jumat, 2 – 3 Mei 2019. Acara tersebut dibuka oleh Ni Ketut Rupini, SH, MARS selaku Direktur Keuangan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro,. Acara tersebut diselenggarakan di Aula Gedung IGD Lantai 3 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, dengan jumlah peserta 35 Puskesmas PONED sekabupaten Klaten (perawat dan bidan).

Sasaran dari kegiatan ini diharapkan peserta mampu meningkatkan pengetahuan bidan, perawat dalam memberikan pelayanan PONEK sesuai standar, Meningkatkan pelayanan kesehatan karena RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro sebagai rumah sakit rujukan PONEK 24 jam, serta meningkatkan pengetahuan dan penanganan kegawatdaruratan maternal neonatal.