Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Management Waktu

Suci Rahayu, S.ST – Produktivitas kerja dapat diartikan sebagai tindakan efisiensi dalam memproduksi barang-barang atau jasa. Produktivitas mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan. Keadaan hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan mutu kehidupan besok harus lebih baik dari hari ini. Pandangan hidup dan sikap mental yang demikian akan mendorong manusia untuk tidak cepat merasa puas, akan tetapi terus mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan sehingga akan dihasilkan produktivitas yang tinggi. Dapat disimpulkam bahwa produktivitas dapat tercapai apabila dalam memproduksi suatu barang dicapai secara efisien dan mutu dari proses produksi tersebut akan lebih baik dari hari ke hari. Atau bisa dibilang produktivitas kerja dapat tercapai jika kita mampu meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan dan tentunya terhadap penyelesaian pekerjaan secara efektif dan efisien setiap harinya.

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan cara mengatur waktu kerja atau management waktu yang baik, adapun tips cara mengatur management waktu yang baik adalah sebagai berikut :

  1. Buat Jadwal

Buatlah rencana kerja atau kegiatan yang akan dilakukan hari ini di waktu pagi hari sebelum memulai pekerjaan. Ini dimaksudkan dengan tujuan agar dapat bekerja secara jelas sehingga setelah melakukan 1 (satu) pekerjaan tidak bingung melakukan pekerjaan setelahnya karena telah dibuat to do list sehingga cara ini mampu mengefesiensi waktu dalam bekerja.

  1. Memulai Lebih Awal

Mulailah dengan datang tepat waktu dan langsung bekerja segera setelah tiba di kantor. Waktu yang dibuang untuk bersantai setengah jam akan dibayar di penghujung hari. Jangan sampai terpaksa lembur hanya karena tidak memulai lebih awal. Sehingga alangkah baiknya jika sudah ada 30 menit sebelum jam masuk kantor untuk mempersiapkan pekerjaan hari ini atau sekedar membersihkan meja kerja sehingga ketika bekerja dapat tercipta suasana kerja yang aman dan nyaman. Selain itu di pagi hari kita dapat mengecek pekerjaan kemarin yang belum sempat diselesaikan atau masih tertunda sehingga ketika sudah jam kerja masuk hanya mengerjakan pekerjaan hari ini karena pekerjaan kemarin sudah dikerjakan pada 30 menit pertama sebelum memulai jam kerja.

  1. Belajar Memprioritaskan yang Terpenting

Selalu selesaikan porsi pekerjaan terpenting dan yang paling menghabiskan waktu dan energi di awal hari. Setelah selesai, kita akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah.

  1. Fokus Pada Satu Hal

Ketika mengerjakan sesuatu, fokus saja pada satu pekerjaan itu. Bagaimana bila kita perlu melakukan hal yang mengharuskan mengerjakan beberapa hal sekaligus, atau multitasking? Misalnya, untuk menulis sebuah laporan, daripada berganti-gantian browsing, menulis, browsing, menulis, lebih baik selesaikan browsing dan mengumpulkan semua materi yang dibutuhkan, kemudian fokus pada menulis laporan, agar titik fokus terjaga.

  1. Singkirkan Pengalih Perhatian

Matikan notifikasi untuk semua media sosial, atau lebih baik lagi, aktifkan airplane mode selama jam kerja. Jika pekerjaan kita berhubungan dengan media sosial, jadwalkan waktu untuk mengecek update yang masuk bila kita sedang perlu mengerjakan tugas lain. Jika memang membutuhkan email siapkan di komputer wifi dan buka email sehingga jika ada notifikasi bisa langsung terlihat dan langsung terbuka sehinga jika itu mengenai pekerjaan dapat langsung segera dikerjakan, karena jika menggunakan handphone kita bisa saja khilaf membuka instagram atau sosisal media yang lainnya.

  1. Tetapkan Deadline

Baik pekerjaan maupun meeting, selalu targetkan untuk menyelesaikan tugas dan tiba di tempat beberapa menit sebelum waktunya untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Ini juga akan memberi kita waktu ekstra untuk mengecek ulang. Selalu tetapkan deadline untuk segala hal yang kita lakukan, bahkan bila sebetulnya tidak ada batasan waktu dari atasan.

  1. Manfaatkan Akhir Pekan

Tunggu dulu! Sebelum marah-marah, sedikit kerja di akhir pekan akan meringankan beban pekerjaan secara keseluruhan sepanjang minggu. Bukan pekerjaan berat kok, hanya hal-hal kecil saja seperti membuat perencanaan, menyelesaikan laporan, dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Jam Sebagai Supervisor

Letakkan sebuah jam di hadapan kita, pasang timer, atau kenakan sebuah jam tangan, agar kita benar-benar sadar waktu tanpa perlu mengecek ponsel dan terdistraksi hal lain. Sensasi dikejar-kejar deadline ini akan memicu adrenalin dan meningkatkan efisiensi kerja.