Masalah Nutrisi pada Geriatri

   

Klaten – Gizi berperan penting dalam kesehatan usia lanjut. Masalah kekurangan gizi sering di alami oleh usia lanjut sebagai akibat dari menurunnya nafsu makan. Selain kekurangan gizi, masalah obesitas (kegemukan) juga sering dialami oleh usia lanjut. Obesitas pada usia lanjut berdampak pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler, Dabetes Mellitus, dan hipertensi. Asupan gizi sangat diperlukan bagi usia lanjut untuk mempertahankan kualitas hidupnya. Sementara untuk usia lanjut yang sakit, asupan gizi diperlukan untuk proses penyembuhan dan mencegah agar tidak terjadi komplikasi.

Setiap orang pasti mengalami proses menua. Proses menua ini dapat terlihat secara fisik dengan perubahan yang terjadi pada tubuh dan dapat mempengaruhi status gizi pada masa tua. Proses menua berbeda pada setiap individu. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh faktor keturunan, nutrisi, gaya hidup dan faktor lingkungan. Banyak asupan zat gizi yang harus ditingkatkan agar lansia tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik.

Setiap tahun jumlah lansia di seluruh dunia semakin bertambah karena semakin meningkatnya usia harapan hidup. Di negara-negara yang sudah maju, jumlah lansia relatif lebih besar dibanding dengan negara-negara berkembang, karena tingkat perekonomian yang lebih baik dan fasilitas pelayanan kesehatan sudah memadai.

Berbeda dari usia muda, sistem kerja organ tubuh pada lansia mempunyai perbedaan serta penurunan fungsi. Gangguan fungsi biasanya terjadi apabila terdapat proses patologis pada organ tertentu, atau bilamana terjadi stres lain yang memperberat organ dari organ yang sudah mulai menurun fungsi dan anatomiknya. Mulai dari gigi sampai anus terjadi perubahan morfologik, antara lain : penyempitan pada mukosa, kelenjar dan otot pencernaan sehingga menyebabkan perubahan fungsional ataupun patologik (gangguan mengunyah, gangguan menelan, dan perubahan nafsu makan).

Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai upaya promotif dan preventif kepada masyarakat umum khususnya di wilayah Klaten, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) melaksanakan kegiatan sosialisasi di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten dengan tema Masalah Nutrisi pada Geriatri / Lansia pada Rabu, 12 September 2018 pukul 08.00-08.30 WIB dengan narasumber dr. Phitra Sekar Dianggara, Sp.GK.

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai sekilas pelayanan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) di RSST oleh Doni Ari Wibowo, A.Md dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksankan di RSPD Klaten setiap bulan sekali di hari Rabu minggu pertama sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.