Manfaat Serat Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Ririn Yulianti, S.SiT, M.Si – Apakah itu serat? Serat adalah jenis mineral yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Serat hampir sama seperti karbohidrat yang mampu memberikan energi pada tubuh, namun serat lebih rendah kalori.

Apakah Serat Makanan?

Serat makanan adalah bahan makanan residu sel tanaman yang tidak dapat dihidrolisis (diuraikan) oleh enzim pencernaan manusia dalam suasana keasaman lambung, serta hasil-hasil fermentasinya tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Serat makanan banyak terdapat pada makanan sehari-hari kita seperti buah-buahan, sayuran, dan serealia, seperti beras, gandum, jagung, dan sorgum.

Berdasarkan kelarutannya, serat makanan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu serat larut air (soluble dietary fiber), dan serat tidak larut air (insoluble dietary fiber). Pektin, gum, musilase, dan beberapa hemilselulosa termasuk serat larut air karena dapat larut dalam air panas. Serat ini banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran dan serealia, sedang gum banyak terdapat pada akasia. Selulosa, lignin dan beberapa hemilselulosa lainnya tidak larut dalam air. Serat tersebut banyak terdapat pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Apa saja manfaat serat?

  1. Serat bermanfaat melancarkan pencernaan. Serat dapat meningkatkan berat dan ukuran dari feses karena ia menyerap air, membuatnya lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan melalui anus.
  2. Serat dapar menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  3. Membantu mengontrol kadar gula darah.
  4. Membantu mencapai berat badan normal. Serat larut yang berbentuk viskus, dapat memperpanjang waktu pengosongan lambung.
  5. Serat juga berfungsi untuk mencegah kanker kolon. Di dalam kolon, serat makanan ini akan menyerap air sehingga volume fases menjadi lebih besar dan akan merangsang saraf pada rectum. Rangsangan ini akan menimbulkan keinginan untuk defekasi (mengeluarkan fases). Feses yang mengandung serat akan lebih mudah dieliminir (dikeluarkan).

Sebagian besar serat terkandung dalam buah dan sayur. Kandungan serat dalam buah dan sayur akan membantu proses pergerakan makanan dalam tubuh.

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang mengandung tinggi serat :

  1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan serat pada buah apel terletak pada kulitnya. Jadi jangan kupas kulit apel ketika mengonsumsinya. Dalam satu buah apel ukuran sedang terdapat 4,4 gram serat.

  1. Alpukat

Selain menjadi sumber lemak, alpukat juga menjadi sumber serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram alpukat terdapat sekitar 6,7 gram serat.

  1. Buah Beri

Buah beri seperti strawberry dan raspberry mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram raspberry terdapat 6,5 gram serat.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu sumber vitamin C terbaik. Namun, pisang juga mengandung serat yang cukup baik dan sering dikonsumsi orang yang mengalami kesulitan pencernaan. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat 3,1 gram serat.

  1. Pir

Pir adalah salah satu buah yang sangat digemari anak-anak karena rasanya yang sangat segar. Dalam satu buah pir ukuran sedang terdapat 5,5 gram serat.

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu sayur yang kaya akan vitamin A dan bagus untuk kesehatan mata. Namun, wortel ternyata juga kaya akan serat. Dalam 100 gram wortel terdapat 3,4 gram serat.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayur yang sering dipilih ibu sebagai bahan tambahan MP ASI bayinya. Dalam 100 gram brokoli terdapat 2,6 gram serat.

  1. Daun Kale

Daun kale masih jarang terdengar di telinga masyakat. Kale adalah salah satu jenis sayuran dengan keluarga kubis, bungkul dan brokoli. Dalam 100 gram daun kale terdapat 3,6 gram serat.

  1. Bayam

Bayam adalah tanaman yang biasa dikonsumsi sayurnya sebagai sayuran hijau. Dalam 100 gram bayam mengandung 2,2 gram serat.