Kenali Tuberkulosis Sejak Dini

Klaten – Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis). Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. Tanda dan gejala penyakit Tuberculosis di antaranya batuk lebih dari tiga minggu dan nyeri dada, keringat di malam hari, nafsu makan hilang, berat badan turun dan letih, batuk berdarah atau ada darah di dahak / spulum.

Umumnya penularan terjadi dalam ruangan dimana percikan dahak berada dalam waktu yang lama. Daya penularan seorang pasien ditentukan oleh banyaknya kuman yang dikeluarkan dari parunya. Risiko tertular tergantung dari tingkat pajanan dengan percikan dahak. Penyakit Tuberculosis sebaiknya segera diobati, jika  tidak diobati dapat mengakibatkan kematian.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan upaya pencegahan terjadinya penyakit Tuberculosis, Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten bekerja sama dengan tenaga kesehatan lain, seperti dokter, perawat, nutrisionis, dan lain-lain untuk memberikan edukasi / penyuluhan kesehatan kepada pasien, keluarga pasien rawat jalan maupun rawat inap. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di ruang-ruang tunggu rumah sakit pada saat jam kerja. Pada kesempatan penyuluhan kesehatan kali ini disampaikan oleh Agus Suharto, S.Kep.Ns dari Ruang Edelweis. Mayoritas peserta kegiatan adalah keluarga pasien rawat inap dan rawat jalan. Penyuluhan kesehatan berlangsung dengan antusias dan dilakukan evaluasi dalam bentuk umpan balik baik dari peserta ke narasumber atau sebaliknya.