Kenali GEA

(Klaten) – Gastroenteritis (GEA)  atau diare adalah penyakit yang ditandai dengan bertambahnya frekuensi defekasi lebih dari biasanya (> 3 kali/hari) disertai perubahan konsistensi tinja (menjadi cair), dengan/tanpa darah dan/atau lendir (Prof. Sudaryat, dr.SpAK, 2007). Apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya diare ? meliputi stres emosional, infeksi usus, alergi makanan, intoleransi makanan (bakteri dan parasit), makan makanan yang tercemar. Selain penyebab diare sahabat sehat juga perlu mengetahui tanda dan gejalanya antara lain yaitu sering buang air besar dengan tinja yang encer, nyeri atau kram pada perut, demam, darah pada tinja, kembung, bising usus meningkat, mual dan muntah.

Penularan diare dapat terjadi melalui air dan makanan yang telah tercemar atau mengandung kuman penyebab diare, karena kebiasaan hidup tidak sehat, pemakaian botol susu yang tidak bersih (anak-anak), menggunakan sumber air yang tercemar, buang air besar disembarang tempat, pencemaran makanan oleh serangga (lalat, kecoa, dll) atau tangan yang kotor, tidak cuci tangan pakai sabun setelah buang air besar dan sebelum makan. Sahabat sehat dapat mencegah terjadinya diare dengan menggunakan air bersih yang cukup, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, cuci tangan dengan langkah yang benar, menggunakan jamban yang benar, membuang tinja bayi dan anak-anak dengan tepat, dan melakukan imunisasi campak.

Nah apabila diare sudah terjadi, sahabat sehat dapat menangulanginya dengan memberikan segera banyak minum seperti air teh, larutan gula garam, sayur, sup, atau oralit; mencari pengobatan lanjutan ke puskesmas atau rumah sakit apabila keadaan tidak membaik sampai 2 hari atau ada satu atau lebih tanda-tanda diare terus menerus, muntah berulang-ulang, demam, dehidrasi (kurang cairan).

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro melalui Tim PKRS melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait Diare dan langkah- langkah cuci tangan dengan benar ini di Ruang Tunggu Melati 4. Peserta yang terdiri dari pasien, keluarga pasien mengikuti kegiatan dengan sangat antusias.