Kampanye Hari Ginjal Sedunia “Kidney Health for Everyone Everywhere”

Setiap Hari Kamis minggu kedua di Bulan Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day. Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah “Kidney Health for Everyone Everywhere, Kesehatan Ginjal untuk Setiap Orang di Mana Saja”.

Seperti yang kita ketahui bahwa peringatan Hari Ginjal Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan kita semua akan pentingnya upaya pencegahan penyakit Ginjal, sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat. Karena sudah saatnya masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan Ginjal, mengingat pertambahan jumlah pasien penyakit Ginjal dari tahun ke tahun semakin besar.

Pada saat ini, 850 juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita penyakit Ginjal dari berbagai penyebab. Setiap tahunnya terdapat 200.000 kasus baru gagal Ginjal stadium akhir.

Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melaksanakan kegiatan kampanye yang bekerja sama dengan Indonesia Kidney Care Club (IKCC), organisasi yang didirikan oleh keluarga serta pasien gagal Ginjal dan mewadahi seluruh masyarakat Indonesia yang peduli pada kesehatan Ginjal. Kegiatan kampanye dilaksanakan pada Kamis, 14 Maret 2019 pukul 10.00 – 11.00 WIB di Ruang Unit Hemodialisa RSST.

Yuk deteksi sedini mungkin kesehatan Ginjal kita, sebagai upaya preventif / pencegahan untuk penyakit Ginjal.