Jangan Takut dengan Pneumonia

Klaten (23/8) – Hai healthies perlu diketahui tentang penyakit Pneumonia. Apakah Pneumonia itu? Pneumonia adalah peradangan akut jaringan paru yang disebabkan oleh mikroorganisme (bakteri, jamur, virus, parasit). Apa saja gejala Pneumonia itu? Antara lain batuk, demam, nyeri dada, dan sesak nafas.

Lalu siapa saja yang berisiko terkena Pneumonia? Yaitu bayi serta anak-anak di bawah usia 2 (dua) tahun, lansia di atas 65 tahun, perokok, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, pengidap penyakit kronis seperti asma, PPOK / penyakit paru obstruktif kronik, pasien di rumah sakit terutama yang menggunakan ventilator.

Healthies dapat melakukan pencegahan penyakit Pneumonia yaitu dengan cara berhenti merokok, makan makanan yang bergizi, berolahraga, istirahat cukup, dan imunisasi.

Apabila sudah terkena Pneumonia, healthies dapat melakukan dengan cara yaitu istirahat di tempat tidur, minum secukupnya untuk mengatasi dehidrasi, apabila demam tinggi, kompres dan minum obat penurun panas, segera ke rumah sakit jika kondisi semakin memburuk.

Untuk menggalakkannya, Tim PKRS RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema Pneumonia di ruang tunggu pasien rawat inap Ruang Lily.