Pengetahuan Hak Pasien dan Keluarga : Kunci Kepuasan dan Kenyamanan Bagi Pasien

Pengetahuan Hak Pasien dan Keluarga : Kunci Kepuasan dan Kenyamanan Bagi Pasien

Pasien adalah salah satu kmponen utama kehidupan suatu rumah sakit. Hubungan yang baik antara pasien dan keluarga pasien dengan rumah sakit menjadi kunci kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan rumah sakit. Untuk mencapai kepuasan pasien dan keluarga, perlu diberikan pengetahuan akan hak-hak dan kewajiban yang dimiliki pasien dan keluarga selama perawatan di rumah sakit. Pengetahuan yang benar terhadap hak dan kewajiban pasien dan keluarga selama di rumah sakit akan mengurangi risiko terjadinya komplain. Pengetahuan tentang hak dan kewajiban pasien dan keluarga perlu di ketahui ju...

Sosialisasi Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan (IPKP)dan Soft Launching Website KOMKORDIK RSST

Sosialisasi Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan (IPKP)dan Soft Launching Website KOMKORDIK RSST

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten merupakan Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Selain itu, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten juga menjalin kerja sama mitra pendidikan dengan institusi pendidikan kesehatan lainnya. Pendidikan tenaga kesehatan yang ada di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten diantaranya adalah pendidikan PPDS I, Pendidikan Coas, Pendidikan Profesi Keperawatan, DIV Keperawatan, DIII Keperawatan, DIV/DIII Kebidanan, DIII Radiologi, DIII/DIV Analis Kesehatan, DIII Rekam Medis, DIII/DIV/S1 Profesi...

Studi Tiru RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang ke RSST

Studi Tiru RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang ke RSST

Rabu, 29 Agustus 2018, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten mendapatkan kunjungan Studi Tiru dari Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang mengenai Remunerasi yang selama ini berjalan di RSST. Bertempat di aula Gedung IGD Lantai 3, acara ini dibuka oleh Direktur Umum SDM dan Pendidikan RSST, drg. Rahmadsyah Mansur, M.Kes dengan dihadiri 10 orang perwakilan dari RSJ Soerojo Magelang yang terdiri dari unsur struktural, Tim Remunerasi, Ka. Instalasi SIRS dan Peer Group Medis, serta tim remunerasi RSST. Kegiatan studi tiru ini dilakukan dalam rangka mewujudkan sistem informasi remunerasi ...

Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran IRNA Dahlia Lantai 4

Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran IRNA Dahlia Lantai 4

Kebakaran terjadi pagi ini, di gedung rawat inap (IRNA) Dahlia Lantai 4 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Kebakaran ini disebabkan oleh adanya konsleting listrik pada AC di salah satu ruang rawat inap sehingga sempat menimbulkan kepanikan pasien dan keluarga. Demikian tadi skenario Simulasi Penanggulangan Bencana di Gedung IRNA Dahlia yang diselenggarakan Tim K3 bekerja sama dengan Bagian Pendidikan dan Pelatihan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten hari ini, Selasa 28 Agustus 2018. Kegiatan ini diawali dengan briefing yang dibuka langsung oleh Direktur Utama RSST, dr. Endang Widyaswati, M...

Workshop Early Warning Score System (EWSS) Di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro

Workshop Early Warning Score System (EWSS) Di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro

Early Warning Score System (EWSS) merupakan pengembangan dalam layanan kegawatdaruratan pasien yang dirawat di rumah sakit, yang berfungsi sebagai alat deteksi dini sehingga apabila terjadi penurunan kondisi pasien dapat diketahui lebih awal dapat ditangani lebih cepat. EWS didasarkan atas penilaian terhadap perubahan keadaan pasien melalui pengamatan yang sistematis terhadap semua perubahan fisiologi pasien. Sistem ini merupakan konsep pendekatan proaktif untuk meningkatkan keselamatan pasien dan hasil klinis pasien yang lebih baik dengan standarisasi pendekatan asesmen dan menetapkan skoring...

Deklarasi dan Pelantikan Agent Of Change (AOC) RSST

Deklarasi dan Pelantikan Agent Of Change (AOC) RSST

Masih berkaitan dengan acara Pembinaan Agent Of Change di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro yang berlangsung pada hari Selasa – Rabu, 14-15 Agustus 2018, pada hari Rabu 15 Agustus 2018 dilakukan pula Deklarasi dan Pelantikan Agent Of Change sebanyak 100 orang. Deklarasi tersebut berisi poin – poin antara lain menjadi pelopor perubahan di lingkungan organisasi RSST, sebagai katalis akan memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai tentang pentingnya perubahan kearah yang lebih baik, sebagai penggerak perubahan kearah unit kerja yang lebih baik, sebagai pemberi solusi kepada pegawai dan pimpinan,...

Workshop Pembekalan Dan Pembinaan Agen Of Change Dalam Rangka Pelaksanaan Revolusi Mental Bidang Kesehatan

Workshop Pembekalan Dan Pembinaan Agen Of Change Dalam Rangka Pelaksanaan Revolusi Mental Bidang Kesehatan

Revolusi Mental merupakan suatu gerakan nasional yang dilakukan Bangsa Indonesia untuk mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang diperlukan oleh bangsa dan negara dalam rangka menciptakan ketertiban dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat memenangkan persaingan di era globalisasi.  Revolusi mental mengubah cara pandang pikiran, sikap, perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan  kemodernan, sehingga Indonesia menjadi bangsa besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia sebagaimana  tercantum dalam visi Presiden Republik Indonesia yaitu “Terwujudnya Indonesia yang Be...

In House Training “Komunikasi Efektif”

In House Training “Komunikasi Efektif”

Perubahan paradigma standar akreditasi baru diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien. Patient safety atau keselamatan pasien menjadi standar utama. Kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam rumah sakit. Di rumah sakit perlu adanya koordinasi yang baik antar petugas untuk mengantisipasi kesalahpahaman atau konflik dengan pasien. Tenaga kesehatan di rumah sakit seperti perawat dan dokter harus bisa mempraktikkan komunikasi yang efektif dengan pasien. Selain itu dalam rangka menindaklanjuti hasil Bimbingan Akreditasi Standar Nasion...