In House Training “Komunikasi Efektif”

Perubahan paradigma standar akreditasi baru diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien. Patient safety atau keselamatan pasien menjadi standar utama. Kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam rumah sakit. Di rumah sakit perlu adanya koordinasi yang baik antar petugas untuk mengantisipasi kesalahpahaman atau konflik dengan pasien. Tenaga kesehatan di rumah sakit seperti perawat dan dokter harus bisa mempraktikkan komunikasi yang efektif dengan pasien.

Selain itu dalam rangka menindaklanjuti hasil Bimbingan Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1, bahwa seluruh sumber daya manusia di rumah sakit perlu memperoleh fasilitasi untuk dapat menerapkan komunikasi yang efektif mengingat pentingnya komunikasi efektif untuk keselamatan pasien. Serta berdasarkan standar Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE) Elemen 7 bahwa standar keselamatan pasien yang harus diterapkan Rumah Sakit, salah satunya yang berbunyi yaitu ”Profesional Pemberi Asuhan (PPA) sudah terampil melakukan komunikasi efektif“. Dengan dasar tersebut cara berkomunikasi yang baik bagi para staff dan SDM di rumah sakit merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai petugas rumah sakit di setiap departemen. Untuk mengantisipasi tuntutan tersebut agar dapat menerapkan komunikasi yang efektif dengan pasien, perlu dilakukan peningkatan kualitas SDM di rumah sakit supaya lebih berkualitas. Untuk itu pada hari ini Rabu, 25 Juli 2018 sampai dengan Kamis 26 Juli 2018, Bagian Pendidikan dan Pelatihan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro menyelenggarakan acara In House Training “Komunikasi Efektif” bagi karyawan dan karyawati.

Acara ini diawali dengan ceremonial pembukaan oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Juli Purnomo, Sp.P bertempat di Aula Gedung IGD Lantai 3 dengan dihadiri sekitar 50 peserta yang terdiri dari Dokter / Ka KSM, Perawat, Petugas Laboratorium, Petugas Gizi, Petugas Farmasi, Petugas Rehabilitasi Medik, Petugas Informasi, Instalasi Pemasaran dan Humas, Instalasi Radiologi, Pendaftaran Rawat Inap, Pendaftaran Rawat Jalan dan Satpam. Dalam kegiatan ini panitia mendatangkan Narasumber dari luar Rumah Sakit yang merupakan pakar di bidang komunikasi efektif yaitu Prof. Dr. Endang S. Basuki, M.D, MPH.

Leave a Comment