Cuci Tangan Yuk dengan Langkah yang Benar…

 

Cuci tangan adalah suatu cara atau tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun antiseptik di bawah air mengalir atau dengan menggunakan hand rub berbasis alkohol 70%. Tujuan cuci tangan yaitu untuk menghilangkan kotoran dari kulit dan mengurangi jumlah mikroorganisme (kuman) sementara, agar masyarakat berperilaku hidup sehat, mencegah penularan penyakit, membudayakan cuci tangan untuk menjaga kesehatan. Apa yang terjadi jika kita tidak melakukan cuci tangan dengan benar? Dapat terkena penyakit Diare, penyakit saluran pernapasan, Disentri, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, bau badan, dan Tipus.

Lalu kapan kita harus melakukan cuci tangan? segera setelah membersihkan sekresi hidung, sebelum dan setelah menyiapkan dan mengkonsumsi makanan, sebelum dan setelah menyentuh orang sakit, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah batuk dan bersin, setelah mengganti popok dan pembalut, setelah membersihkan sampah, setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan, dan saat masuk RS dan keluar RS. Adapun langkah-langkah cuci tangan yang benar yaitu lepas perhiasan dan singsingkan lengan baju, basahi tangan, ambil sabun antiseptik dan ratakan di tangan, gosok punggung tangan sampai sela-sela jari bergantian kiri dan kanan, gosok telapak tangan sampai sela-sela jari, kaitkan buku-buku jari dan gosok memutar, genggam ibu jari dan putar sampai punggung bergantian kiri dan kanan, Ujung jari-jari kuncupkan di telapak tangan gosok memutar dari kelingking ke arah ibu jari.

Sebagai upaya promotif dan preventif, Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Tim Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit dr. Soeradji Tirtonegoro selalu berupaya memberikan sosialisasi mengenai langkah-langkah cuci tangan dengan benar kepada pasien dan keluarga pasien rawat inap. Seperti halnya pada Senin, 15 Oktober 2018 dilaksanakan juga kegiatan sosialisasi mengenai langkah-langkah cuci tangan ini di ruang tunggu Dahlia 4. Peserta sangat antusias dan berkenan mengikuti dan mempraktekkan langkah cuci tangan dengan benar.