Cegah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sejak Dalam Kandungan

Klaten – Pada tahun ajaran ini, Sekolah Luar Biasa (SLB) CC1 Shanti Yoga Kabupaten Klaten menerima jumlah siswa yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya, yaitu sebanyak 18 siswa tuna grahita. Oleh sebab itu, pihak sekolah yang bekerja sama dengan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan kepada seluruh orang tua siswa di SLB-CC1 Shanti Yoga dengan tema “Cegah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sejak Dalam Kandungan” pada Jumat, 3 Agustus 2018.

Hal ini sebagai upaya pelaksanaan promosi kesehatan di sekolah dan juga sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan orang tua siswa SLB-CC1 Shanti Yoga Klaten tentang pencegahan terjadinya anak berkebutuhan khusus pada saat masih di kandungan dan 1000 hari pertama kehidupan untuk generasi yang lebih baik.

Dalam kegiatan ini, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) menggandeng Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dengan subspesialis konsultan Fertilitas, dr. Mochamad Munir, Sp.OG (K) dan Ahli Gizi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Siti Nurrochmah Bayuningsih, S.Gz. Dari Tim Humas, Doni Ari Wibowo, AMd juga menyampaikan sosialisasi mengenai tata cara pendaftaran via WA/SMS.

Tim Rumah Sakit memperoleh sambutan yang sangat baik dari Kepala Sekolah beserta staf SLB-CC1 Shanti Yoga Klaten. Acara yang dilaksanakan di Aula SLB-CC1 Shanti Yoga Klaten tersebut dihadiri oleh 25 guru kelas dan 140 orang tua siswa SLB-CC1 Shanti Yoga Kabupaten Klaten.

Kegiatan ini merupakan kontribusi yang diberikan RSST sebagai upaya tindak lanjut kerja sama dengan SLB-CC1 Shanti Yoga Klaten dalam aspek promotif, preventif, serta merupakan salah satu program kerja Unit PKRS yang diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan dan memupuk rasa kebersamaan.

Leave a Comment