Breastfeeding : Foundation of Life – Menyusui adalah Fondasi Kehidupan

Breastfeeding : Foundation of Life – Menyusui adalah Fondasi Kehidupan”, adalah tema Pekan ASI sedunia tahun 2018 yang kita peringati pada minggu pertama bulan Agustus. Seperti yang kita ketahui bahwa Pekan ASI sedunia pertama kali dirayakan tahun 1992 oleh The World Alliance for Breastfeeding Action / WABA. Sebuah aliansi yang mendukung pemberian ASI dan dirayakan di 120 negara termasuk Indonesia. Pada tahun ini WABA mencanangkan tema tersebut sebagai sebuah pengakuan dari pentingnya pemberian ASI bagi masa depan anak.

“Memberikan ASI juga merupakan suatu bentuk pemberian vaksin pertama pada bayi baru lahir, yang menyediakan antibodi vital dan dorongan imunitas”, tulis World Health Organization / WHO berkenaan dengan Pekan ASI sedunia 2018. WHO juga merekomendasikan pemberian ASI 1 (satu) jam setelah bayi lahir, dilanjutkan pemberian ASI ekslusif (ASI saja) selama 6 (enam) bulan (sejak bayi lahir), setelah 6 (enam) bulan diberikan makanan pendamping ASI dan melanjutkan menyusui hingga umur 2 (dua) tahun atau lebih.

Sekarang ini, masih banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat Indonesia tentang menyusui dan ASI itu sendiri. Sehingga ada baiknya ibu yang sedang menyusui atau masyarakat umum mengetahui fakta yang sebenarnya agar tidak binggung.

Sehubungan dengan hal tersebut, tema yang diangkat pada stand kesehatan di Car Free Day CFD) Kabupaten Klaten pada Bulan Agustus ini juga masih seputar ASI, khususnya mengenai mitos dan fakta tentang ASI dan ibu menyusui. Stand kesehatan ini dilaksanakan pada Minggu, 26 Agustus 2018 di Depan Kantor Disperindagkop Klaten dari pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa talkshow mitos dan fakta, tanya jawab, dan quis berhadiah seputar ASI yang ditujukan pada masyarakat pengunjung CFD. Selain itu masyarakat pengunjung CFD juga dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah dan IMT (Indeks Massa Tubuh), pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS), cek golongan darah, konsultasi kesehatan dengan dokter dan ahli gizi rumah sakit secara gratis. Kegiatan berlangsung lancar dan masyarakat terlihat begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang ada.