“Berjanjilah Menjaga Kesehatan Jantung Anda” Bersama RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Klaten – Setiap tanggal 29 September setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya melakukan pencegahan penyakit jantung.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit jantung masih menjadi ancaman bagi berbagai negara yang merenggut nyawa sekitar 17 juta orang di seluruh dunia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1.000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Setiap individu harus berkomitmen menjaga gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, seperti dengan membuat janji terhadap diri sendiri untuk menyehatkan jantung. Salah satunya dengan berhenti merokok, mulai mengonsumsi makanan sehat, dan mulai berolahraga.

Memperingati Hari Jantung Sedunia Tahun 2019 ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melalui Tim PKRS Humas dan KSM Jantung dan Pembuluh Darah juga membuka stand kesehatan dan kampanye “Berjanjilah Menjaga Kesehatan Jantung Anda” di Car Free Day (CFD) Klaten pada Minggu, 29 September 2019 dari pukul 06.00 – 09.00 WIB. Pelaksanaan kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai aksi untuk mengajak seluruh pihak berperan serta berkomitmen menjaga gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, dan berjanji terhadap diri sendiri untuk menyehatkan jantung dengan menandatangani spanduk komitmen jantung sehat dan menuliskan pesan kesehatannya.

Selain kampanye, pelayanan kesehatan gratis juga tetap diberikan kepada masyarakat yang berkunjung di stand kesehatan RSST, seperti pemeriksaan tekanan darah dan IMT; cek kadar gula darah sewaktu dan golongan darah; konsultasi gizi dan konsultasi dokter umum; serta konsultasi kesehatan jantung dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah (dr. Muhammad Yulianto SA, Sp.JP dan dr. Donna Paramita, Sp.JP). Selain itu, diselenggarakan juga talkshow seputar kesehatan jantung dengan narasumber dr. Donna Paramita, Sp.JP.

Kegiatan tersebut berjalan lancar, antusias pengunjung juga sangat luar biasa. Kurang lebih 200 orang turut serta menandatangani spanduk komitmen jantung sehat dan menuliskan pesan kesehatannya.

Yuk, Berjanjilah Menjaga Kesehatan Jantung Anda…..