Baksos Girpasang

Klaten – Dukuh Girpasang merupakan salah satu dukuh yang ada di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Dukuh Girpasang merupakan sebuah perkampungan penduduk yang terpisah dan terisolir dari perkampungan lain. Untuk mengunjungi perkampungan ini harus berjalan kaki naik turun jurang yang curam dengan jalan setapak sejauh kurang lebih 3 kilometer.

Wilayah Girpasang hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer dari Puncak Merapi yang menyimpan beragam kekayaan, mulai dari kekayaan alam hingga beraneka ragam kekayaan sosial budaya dan kearifan lokal.

Suasana di Dukuh Girpasang sangat tenang, tidak ada kendaraan bermotor di wilayah ini yang dapat kita temui. Semua penduduk melakukan aktivitasnya dengan berjalan kaki. Penuh kesederhanaan dan sangat ramah pada semua orang yang berkunjung ke wilayah ini.

Keadaan inilah yang membawa Tim dari RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) untuk berkunjung ke wilayah ini pada Senin, 10 September 2018. Terdapat 12 KK, 9 rumah, dan 36 warga yang tinggal di perkampungan ini. Ada beberapa warga yang mengalami gangguan jiwa. Selain itu masalah-masalah kesehatan lain juga mengikuti. Ini dikarenakan sulitnya akses menuju ke daerah tersebut, membuat pelayanan kesehatan pun sulit dijangkau warga. Masalah gizi buruk, tidak adanya persediaan air bersih, serta sulitnya tenaga kesehatan menjadi contoh permasalahan yang ditemukan.

Sebagai Rumah Sakit Pemerintah yang juga memiliki tanggung jawab sosial (Hospital Social Responsibility), RSST berupaya melaksanakan kegiatan bakti sosial kesehatan di Wilayah Girpasang ini yang kedepannya dapat menjadi desa binaan RSST.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemeriksaan kesehatan secara umum dan pemberian paket obat-obatan. Ada 12 personil RSST yang berangkat, terdiri dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Taufik Hidayat, Sp.PD; Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, dr. Mega Dhestiana, Sp.KJ; Dokter Umum, dr. Riyan Rochaniawan; 2 orang perawat, 1 orang apoteker, 2 petugas Humas, 2 petugas PKRS, dan 2 orang driver.

Selain pemeriksaan kesehatan, diselenggarakan juga penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat oleh Tim PKRS.

Tim Rumah Sakit memperoleh sambutan yang sangat baik dan hangat dari seluruh warga Girpasang. Kegiatan ini merupakan kontribusi yang diberikan RSST sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar.