Ayo Periksa Kesehatan Gigi dan Mulut di RSST

 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting. Apabila gigi dan gusi tidak dirawat maka akan rusak sehingga akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Mulut merupakan suatu tempat yang sangat ideal bagi perkembangan bakteri. Apabila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang masih terselip pada gigi akan menyebabkan bakteri bertambah banyak dan membentuk koloni yang disebut plak. Plak merupakan tempat pertumbuhan ideal bagi bakteri yang dapat memproduksi asam. Jika tidak disingkirkan dengan melakukan penyikatan gigi, asam tersebut akhirnya akan menghancurkan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, plak ini juga berpengaruh terhadap kesehatan jaringan pendukung gigi seperti gusi dan tulang pendukungnya. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada plak di atas permukaan gigi dan di atas garis gusi. Bakteri pada plak menghasilkan racun yang merangsang gusi sehingga terjadi radang gusi, dan gusi menjadi mudah berdarah. Menyikat gigi adalah cara untuk membersihkan kotoran lunak pada permukaan gigi dan gusi.

Penyakit gigi dan mulut merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan di masyarakat. Persepsi dan perilaku masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut masih buruk. Hal ini terlihat dari masih besarnya angka karies gigi dan penyakit mulut yang cenderung meningkat. Masih banyak dari masyarakat yang belum mengetahui pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga mereka juga tidak mengetahui dampak dan efek yang timbul apabila mereka tidak menjaga dan merawat kebersihan gigi dan mulut. Penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat salah satunya adalah faktor perilaku atau sikap mengabaikan kebersihan gigi dan mulut.

Sehubungan dengan hal tersebut, tema yang diangkat pada stand kesehatan di Car Free Day CFD) Kabupaten Klaten yaitu Kesehatan Gigi dan Mulut. Stand kesehatan ini dilaksanakan pada Minggu, 22 Juli 2018 di Depan Kantor Disperindagkop Klaten dari pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dilaksanakan pada masyarakat pengunjung CFD. Selain itu masyarakat pengunjung CFD juga dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah dan IMT, pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS), cek golongan darah, konsultasi kesehatan dengan dokter speasialis gigi dan mulut serta konsultasi dengan ahli gizi rumah sakit secara gratis. Kegiatan berlangsung lancar dan masyarakat terlihat begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang ada.

Selain itu sebagai rumah sakit kelas A dengan skala regional dan bahkan nasional, di stand kesehatan ini RSST menghadirkan produk layanan terbaik kepada masyarakat termasuk di antaranya adalah KSM Gigi dan Mulut. KSM Gigi dan Mulut dengan kekuatan 7 (tujuh) dokter gigi Spesialis yaitu Spesialis Bedah Mulut, Spesialis Konservasi Gigi, Spesialis Periodonsia, Spesialis Ortodonsia, Spesialis Prostodonsia, Spesialis Kedokteran Gigi Anak dan Spesialis Penyakit Mulut serta 3 (tiga) dokter gigi umum.

Leave a Comment