Aksi STOP AIDS RSST

                                                                      

Klaten – Sahabat sehat, tentu sering sekali mendengar istilah HIV / AIDS ya? Nah, apakah HIV itu sama dengan AIDS? HIV merupakan kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu sejenis virus yang menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekelompok gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV tersebut. Jadi sahabat sehat, HIV dan AIDS itu adalah hal yang berbeda. Sedangkan mitos yang berkembang di masyarakat adalah HIV itu sama dengan AIDS.

Selain hal di atas masih banyak sekali mitos lain tentang HIV / AIDS yang berkembang di masyarakat, seperti  HIV dan AIDS dapat ditularkan lewat gigitan nyamuk dan AIDS adalah kutukan Tuhan terhadap perilaku manusia yang menyimpang, dan masih banyak mitos lainnya.

Nah sahabat sehat, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) kembali melaksanakan kegiatan kampanye Aksi STOP AIDS di car free day Kabupaten Klaten pada Minggu, 16 Desember 2018 pukul 06.00 – 09.00 WIB di Jl. Pemuda Kab. Klaten. Hal ini juga sebagai wujud nyata dalam memperingati World AIDS Day yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya.

Masyarakat pengunjung car free day dapat membubuhkan tanda tangannya sebagai bentuk dukungan terhadap Aksi STOP AIDS ini. Selain itu masyarakat juga dapat mengikuti quis tentang mitos atau fakta seputar HIV / AIDS ini.

Bentuk kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu konsultasi kesehatan, konsultasi gizi, pemeriksaan kesehatan (cek kadar gula darah, tekanan darah, dan golongan darah), dan lain sebagainya.

Sahabat sehat, acara ini dibuka gratis lho untuk seluruh masyarakat pengunjung di car free day. Antusiasme masyarakat yang berkunjung ke stand pun juga luar biasa.

Dan hadir pula Ibu Bupati Kabupaten Klaten (H. Sri Mulyani) dan Direktur Utama RSST (dr. Endang Widyaswati, M.Kes) dalam kegiatan dan turut serta membubuhkan tanda tangan sebagai wujud dukungan Aksi STOP AIDS ini.